Cara Menanam dan Menumbuhkan Moss

Cara Menanam dan Menumbuhkan Moss

Moss dapat dibilang tanaman air paling mudah untuk tumbuh di aquarium. Umumnya jika Anda bisa menanam Java Fern dalam aquarium, seharusnya Anda tidak akan menjumpai masalah untuk menanam moss seperti Java Moss atau kebanyakan tanaman air lainnya.
Java Fern, tanaman yang mudah tumbuh
Beberapa Jenis Moss:
Saya akan memberikan guideline umum untuk menanam dan menumbuhkan moss.
Ukuran Aquarium / Tank
Berapapun ukran tidak jadi masalah. Anda dapat menanam di nano cube tank sebesar 15×15 cm. Namun untuk melihat keindahan moss, disarankan minimal memakai tank ukuran 30 cm.
Air
Air tidak jadi masalah, memakai air keran bisa tumbuh.
Pencahayaan
Bagian terpenting adalah pencahayaan. Moss dapat tumbuh tegantung dari tingkat pencahayaan yang diberikan. Jika tingkat pencahayaannya tepat untuk aquarium, maka moss akan tumbuh dengan subur. Sekedar contoh. Untuk tank berukuran 30 cm, saya menggunakan cahaya lampu 11W. Aturan umumnya, semakin tinggi tingkat cahaya, maka semakin cepat moss tumbuh, karena cahaya diperlukan untuk proses fotosintesis.
Pupuk
Dengan atau tanpa pupuk/fertilier, moss akan tetap tumbuh.
CO2
Dengan atau tanpa CO2, moss akan tetap tumbuh.
Suhu air
Umumnya, kebanyakan moss tumbuh dengan baik di suhu yang lebih sejuk (kira-kira kurang dari 28 derajat celcius). Tapi untuk Java Moss, masih akan tetap tumbuh bahkan pada temperatur lebih dari 30 derajat celcius.
Aquascaping
Keindahan dari moss paling baik ditampilkan bila ditempelkan pada sesuatu, seperti batu, driftwood, atau bisa juga menjadi background aquarium. Meski begitu, moss akan tetap tumbuh walaupun hanya dibuang begitu saja ke aquarium, tapi tidak ada nilai keindahannya. Perhatikan gambar di bawah ini. Gambar kiri adalah hasil bila moss dibiarkan tumbuh begitu saja tanpa ditempelkan/diikat ke suatu media. Gambar sebelah kanan adalah hasil bila moss diikat ke suatu media seperti kayu/batu.
Kesimpulan
Tidak ada suatu pakem yang pasti untuk menumbuhkan moss. Anda bisa juga menginvestasikan dengan alat CO2 diffuser controller, pemberian pupuk setiap hari atau memakai MH lighting system. Namun bagi saya, moss dapat tumbuh dengan baik hanya dengan satu strip lampu yang tepat, dan sesekali pemberian pupuk tanaman air(kalau ingat).


sumber: aquamoss.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s